Sebuah video pendek viral di media sosial menunjukkan aksi ugal-ugalan seorang sopir mobil Low Cost Green Car (LCGC) Daihatsu Sigra di jalan raya.

Dalam rekaman yang diunggah akun Instagram @jakarta.ku tersebut, Sigra hitam secara tiba-tiba membelok ke kiri, menyebabkan Honda Jazz yang berada di sebelahnya banting setir untuk menghindari tabrakan.

Sayangnya, insiden ini berakhir tragis karena pemotor yang terlibat terjatuh dan mengalami luka akibat senggolan mobil.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh JAKARTAKU (@jakarta.ku)

“Sigra hitam dikejar-kejar ayla hitam dan 1 motor,terindikasi DC.Lalu banting steer ke kiri , jazz menghindar akhirnya terjadi laka.Mobil ayla kabur,saya fokus ke sigra,karna dia yang menimbulkan laka karambol.” tulis akun Instagram @jakarta.ku pada Kamis (4/7/2024).

Kemudian perekam video viral itu mencoba mengejar sigra tersebut usai membuat pengendara motor terjatuh.

“Korban ditangani di rs primaya,Sigra hitam ada niatan kabur sampai akhirnya dikunci beberapa mobil sampai nga bisa gerak.” imbuhnya.

Sementara, praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan pindah lajur yang dilakukan pengendara Sigra jelas salah. Padahal, pindah lajur ada etikanya.

Cara aman pindah lajur itu perlu dilakukan demi keselamatan sesama pengguna jalan dan ketertiban berlalu lintas.

“Jika mereka berdua bermasalah, idealnya dibicarakan di pinggir jalan, tidak dengan manuver-manuver yang agresif yang bisa mencelakai orang lain,” sebut Sony.