Sebuah kemenangan historis baru saja dicatatkan oleh Timnas Indonesia. Dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung pada Selasa, 26 Maret 2024, skuad Garuda berhasil mengakhiri kutukan selama 20 tahun tak pernah menang di Vietnam.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, berakhir dengan skor telak 3-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia. Gol-gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Jay Idzes pada menit ke-9, Ragnar Oratmangoen pada menit ke-23, dan Ramadhan Sananta pada menit ke-90+7.

Kemenangan ini bukan hanya membawa Timnas Indonesia meraih tiga poin penuh, tetapi juga mematahkan rekor buruk tak pernah menang melawan Vietnam di Hanoi dalam 20 tahun terakhir. Rekor tersebut terakhir kali diciptakan pada 11 Desember 2004.

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, merasa puas dengan kemenangan yang diraih timnas Indonesia atas Vietnam. Ia mengatakan ini menjadi pembuktian atas ucapannya soal keinginan memutus rekor tak pernah menang 20 tahun di Hanoi.

Kemenangan ini membuat posisi timnas Indonesia semakin kokoh di peringkat kedua klasemen sementara grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan koleksi tujuh poin. Skuad Garuda hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan diri lolos ke putaran ketiga.

Selanjutnya, timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni pada laga terakhir putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kedua pertandingan tersebut bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.