RAGAMCERITA.COM – Dua penyanyi wanita legendaris, Anggun C. Sasmi dan Waldjinah, sukses memukau seratusan tamu undangan yang hadir dalam gelaran pertunjukan seni bertajuk Persembahan dari Solo di Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran Solo, Ahad malam, 17 September 2023. Kedua musisi papan atas berbeda genre itu berkolaborasi membawakan lagu keroncong berjudul Kota Solo yang mampu membawa suasana penuh kenangan akan Kota Bengawan.

Waldjinah tampil bernyanyi sembari duduk di kursi roda. Meski begitu, sang maestro keroncong itu tetap powerfull dalam membawakan lagu itu. Selesai berduet dengan Waldjinah, Anggun kembali membawakan satu lagu lagi berjudul Mimpi. Penampilan musisi internasional itu juga diiringi oleh beberapa model profesional yang mengenakan busana-busana bernuansa batik.

Persembahan dari Solo yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Solo, Pura Mangkunegaran Solo, dan Shopee Indonesia juga menghadirkan sejumlah artis nasional hingga luar negeri yakni Fabio Asher dan boyband asal Korea, XODIAC. Awal acara dibuka dengan penampilan penari EkosDance Company. Selanjutnya tampil Fabio Asher yang malam itu menghanyutkan hadirin dengan dua buah lagu yang dibawakannya. Salah satunya berjudul Rumah Singgah.

Penampilan spesial dari boy band asal Korea Selatan XODIAC, membawakan lagu berjudul Special Love. Sebelumnya, salah satu personel XODIAC, Zayyan yang merupakan warga asli Indonesia membawakan lagu Indonesia Pusaka dengan diiringi tarian dari Gusti Ancillasura.

Uniknya, semua yang hadir dalam acara itu, termasuk para penampil, diwajibkan mengenakan busana tradisional. Yang wanita tampak anggun dengan balutan kebaya. Sedangkan yang pria mengenakan beskap lengkap.

Pimpinan Pura Mangkunegaran Solo Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X mengatakan bahwa acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada para seniman dan budayawan yang telah berkontribusi dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya Indonesia. Ia juga berharap bahwa acara ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengasah kreativitas dan bakat mereka.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama istri, Selvy Ananda dan kedua putra-putri mereka, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah juga turut hadir dalam acara ini. Gibran menyampaikan rasa bangganya atas terselenggaranya Persembahan dari Solo yang menampilkan akulturasi budaya tradisional dan modern. Ia juga mengapresiasi kerjasama antara Pemkot Solo, Pura Mangkunegaran Solo, dan Shopee Indonesia dalam mendukung industri kreatif di Kota Solo.