RAGAMCERITA.COMĀ – Kebakaran hebat melanda bangunan Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Sabtu (16/9/2023) malam. Api melalap sebagian besar bangunan di area belakang museum, yang menyimpan koleksi bersejarah dan budaya Indonesia. Bagian belakang bangunan tampak ambruk akibat api yang berkobar. Api juga terlihat menjalar ke arah depan bangunan, yang berdekatan dengan proyek MRT Jakarta.

Petugas pemadam kebakaran (damkar) DKI Jakarta berjibaku memadamkan api dari sisi belakang museum, tepatnya Jalan Abdul Muis, juga bagian depan. Menurut petugas command center Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, kebakaran mulai terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Hingga berita ini ditulis, belum diketahui penyebab kebakaran dan jumlah kerugian yang ditimbulkan.

Museum Nasional adalah museum tertua dan terbesar di Indonesia. Museum ini memiliki koleksi lebih dari 140 ribu benda, termasuk artefak prasejarah, keramik, tekstil, senjata, perhiasan, dan lain-lain. Museum ini juga menyimpan replika fosil manusia purba seperti Pithecanthropus erectus (manusia Jawa) dan Meganthropus palaeojavanicus (manusia raksasa Jawa).

Kebakaran ini menimbulkan keprihatinan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat umum, akademisi, dan pejabat negara. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa ia akan segera mengunjungi lokasi kebakaran dan memerintahkan penanganan secepat mungkin. Ia juga meminta agar koleksi museum yang tersisa dapat diselamatkan dan dipindahkan ke tempat yang aman.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan rasa dukanya atas musibah yang menimpa Museum Nasional. Ia mengatakan bahwa museum tersebut adalah warisan bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan. Ia juga berjanji akan melakukan upaya pemulihan dan rekonstruksi museum sesuai dengan standar internasional.