RAGAMCERITA.COM – Sebuah film horor berjudul Saranjana akan segera hadir di layar lebar pada 26 Oktober 2023. Film ini diadaptasi dari cerita rakyat Kalimantan Barat tentang sebuah kota ghaib yang modern dan maju, namun tersembunyi dari dunia nyata.

Sutradara film ini, Johansyah Jumberan, mengatakan bahwa ia tertarik untuk mengangkat cerita rakyat Saranjana karena jarang ada film horor yang menampilkan budaya dan adat istiadat dari Kalimantan. Ia juga ingin memberikan pesan moral kepada penonton lewat film ini.

“Kalau genre horor biasanya kan dari Jawa atau Sunda, kali ini ada sesuatu yang baru dan orisinal dari Kalimantan. Semua berkaitan dengan adat istiadat, kepercayaan, dan legenda setempat,” ujar Johansyah dalam konferensi pers di Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2023).

Film Saranjana menceritakan tentang petualangan sebuah band asal Jakarta bernama Signifikan yang sedang melakukan tur konser di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Salah satu personelnya, Shita (Adinda Azani), menghilang secara misterius dan diduga berada di kota ghaib Saranjana.

Untuk menyelamatkan Shita, para personel band lainnya harus mencari cara untuk masuk ke kota Saranjana dalam waktu tujuh hari. Namun, mereka harus menghadapi berbagai hal horor dan mistis yang mengancam nyawa mereka.

Dalam poster dan trailernya, film ini menampilkan gambaran kota Saranjana sebagai sebuah kota metropolitan dengan gedung-gedung pencakar langit. Film ini juga dibintangi oleh beberapa artis muda seperti Lutfi Aulia, Irzan Faiq, Betari Ayu, dan lain-lain.