Kaesang Pangarep akhirnya memberikan klarifikasi terkait jet pribadi yang ditumpanginya bersama sang istri, Erina Gudono, merupakan milik temannya.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Solidaritas (PSI) usai menyambangi Gedung Anti-Corruption Learning Center Komisi Pemberantasan Korupsi (ACLC KPK), Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

“Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang menumpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya,” ujar Kaesang.

Namun, Kaesang tidak menerangkan dengan detail mengenai temannya yang memiliki jet pribadi tersebut.

Ia justru meminta para awak media untuk bertanya langsung kepada KPK dan kuasa hukumnya mengenai penangguhan jet pribadi tersebut.

Kaesang juga mengatakan jika kehadirannya di Gedung ACLC KPK merupakan inisiatif pribadinya.

“Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tetapi inisiatif saya sendiri” ujarnya.

Saat menyambangi kantor ACLC KPK, Kaesang didampingi Sekjen PSI Raja Juli Antoni sebelum akhirnya masuk ke dalam ruangan pada pukul 10.40 WIB.

Kasus jet pribadi ini sebelumnya muncul usai istrinya, Erina memposting di Instagram Story miliknya.

Pada unggahan itu, Erina memposting foto yang memperlihatkan jendela pesawat dengan pemandangan awan.

Harga sewa jet priadi tersebut diketahui mencapai Rp8,7 miliar.

Diketahui, Kaesang dilaporkan ke KPK atas dugaan gratifikasi oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun terkait penggunaan jet pribadi.