Food Vlogger mukbang asal Filipina, Dongz Apatan, meninggal dunia setelah membuat konten makan dalam jumlah besar.

Food Vlogger dengan nama asli Manoy Apatan ini terakhir kali terlihat menikmati sepiring ayam goreng dan nasi dalam sebuah video yang diunggahnya pada 13 Juni 2024.

Apatan yang berusia 38 tahun itu sering mengunggah video dirinya menyantap makanan lokal dalam jumlah besar sambil berinteraksi dengan penonton di media sosial dan YouTube.

Sayangnya, Apatan mengalami serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit. Kakaknya Leah Apatan menyatakan bahwa Apatan tidak serakah dan justru sering membantu orang lain.

“Banyak komentar yang mengatakan Manoy pantas mati karena dia rakus makanan, tetapi itu hanya untuk kepuasan,” kata Leah Apatan kepada GMA News Online, dikutip Sabtu (6/7/2024).

“Dia tidak makan banyak. Dia juga tidak menghabiskan piringnya. Manoy tidak serakah, dia justru sering membantu orang lain,” kata Leah Apatan melanjutkan.

Ahli jantung Tony Leachon menyebut kematian Apatan disebabkan oleh strok hemoragik. Tekanan darah yang meningkat dan pembuluh darah di otak yang pecah menjadi faktor penyebabnya.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh makanan asin dan konsumsi daging yang berlebihan.

“Jika dilakukan setiap hari, pembuluh darah di otak bisa tersumbat,” kata Tony.