Viral di media sosial video terkait penanganan kucing liar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dengan mengikat kucing di dalam plastik yang membuat miris netizen.

Video yang dibagikan oleh akun Instagram @jakartaanimalnetwork ini mempertanyakan tentang cara merelokasi kucing dengan plastik diikat.

“@love_gbk merelokasi kucing dengan plastik diikat ? Apakah ini reaksi manusiawi setelah diusulkan ramah hewan dengan menyediakan stray feeding spot seperti @mrtjkt dan sterilisasi kucing untuk pengendalian populasinya?” ujar akun tersebut.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh JAAN (@jakartaanimalaidnetwork)

Sebelumnya, pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) telah melarang memberi makan kucing jalanan di area tersebut. Hal ini terkait adanya himbauan yang tertempel di GBK tentang dilarang memberi makan kucing di area ring road sation GBK.

Himbauan tentang pemberian makan kucing liar di Stadion GBK. (Jakartaanimalnetwork)

Pihak pengelola juga diduga menggunakan jasa pembasmi hama untuk menangani kucing-kucing tersebut dengan cara yang tidak etis.

Pada video yang telah ditonton sebanyak 320.283 kali ini juga menimbulkan kemarahan dari netizen. Selain itu, para aktivis hak hewan juga mendesak PPKGBK untuk menghentikan tindakan tidak berperikemanusiaan ini dan mencari solusi yang lebih beradab dalam mengelola populasi kucing jalanan.