CEO Tesla Inc. sekaligus SpaceX, Elon Musk, telah tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Minggu (19/5/2024) pagi. Kedatangannya ke Indonesia ini adalah untuk meresmikan peluncuran Starlink, layanan internet berbasis satelit.

Peluncuran Starlink ini akan dilakukan bersama Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan berlokasi di Denpasar, Bali. Selain ditemani Presiden Jokowi, Elon Musk juga kabarnya akan diapit oleh beberapa menteri, seperti Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyambut kedatangan Elon Musk di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Dalam postingan terbarunya, Luhut mengatakan Elon Musk tiba di Denpasar, Bali.

“Saya berkesempatan menjemput Elon di Bandara pagi ini, kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama disini dan tentunya beberapa kerjasama penting. Salah satunya ialah peresmian layanan internet Starlink yang mampu menjangkau hingga pelosok Indonesia.” ujar Luhut di akun Instagram pribadinya.

Selain itu, Elon Musk juga diagendakan akan memberi sambutan dalam pembukaan World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali. WWF adalah acara yang sepenuhnya membahas tentang lingkungan, kebersihan dan konservasi air, energi dan pangan, dan lain sebagainya.

Menurut Luhut, kehadiran Starlink dapat membantu mengakselerasi tranformasi digital, dengan cara menyediakan sinyal internet ke sejumlah pelosok negeri yang belum kebagian akses internet.

“Melalui ketersediaan akses internet yang merata di seluruh provinsi, maka digitalisasi dalam pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia bisa terus meningkat,” ujar Luhut.