Pelatih kepala Timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong, memberikan komentar setelah kemenangan timnya atas Korea Selatan di Piala Asia U23. Dalam konferensi pers pasca pertandingan, Shin Tae-yong tampak emosional saat membahas kemenangan tersebut.

“Senang sekali dan bahagia tim Indonesia kami menang. Saya senang bisa melaju ke pertandingan terakhir dan menang. Ini adalah pertama kalinya saya melangkah sejauh ini,” kata Shin Tae-yong dalam sebuah wawancara dengan televisi Korea Selatan, MBC.

Kemenangan Timnas Indonesia U23 ini mengejutkan banyak pihak, mengingat Korea Selatan adalah salah satu kekuatan besar dalam sepak bola Asia. Namun, dengan strategi yang cermat dan kerja keras para pemain, Timnas Indonesia U23 berhasil meraih kemenangan.

Namun, dia juga berharap warga Korea Selatan tidak membencinya atas pertandingan ini. Sebab Shin tae-Yong sendiri juga menjalani momen berat ketika bertanding bersama tim yang menjadi lawan tim negara asalnya.

“Tapi di saat yang sama, saya merasa sangat frustrasi dan berat di hati saya. Saya minta maaf kepada orang-orang Korea. Saya tidak bisa berbuat apa-apa ini pertandingan. Saya pikir saya menyakiti rakyat Korea karena para pemain saya bekerja keras,” ujar Shin tae-Yong.

Timnas Indonesia U-23 sendiri berhasil menang atas Korea Selatan U-23, pada Jumat (26/4/2024) dinihari WIB. Duel itu sempat berakhir 2-2 di waktu normal dan perpanjangan waktu, tapi Timnas Indonesia U-23 menang 11-10 di babak adu penalti.

Kemenangan ini juga mematahkan rekor Korea Selatan yang selalu lolos ke Olimpiade sejak Seoul 1988. Dengan demikian, Timnas U-23 Indonesia berhasil menjegal Korea Selatan dan memastikan langkah mereka menuju Olimpiade Paris 2024.