Sebuah bus PO Haryanto jurusan Jogja-Pati terbakar di Ring Road Gamping, Sleman. Kejadian ini terjadi pada Kamis, 18 April 2024. Beruntung, semua penumpang yang berada di dalam bus berhasil selamat.

Bus PO Haryanto dengan nomor polisi K 7096 OB ini berangkat dari Terminal Giwangan Yogyakarta hendak menuju Pati. Saat melaju di perempatan Demak Ijo, sopir bus berinisial KS merasa ada yang tidak beres dan memutuskan untuk berhenti sekitar 500 meter di sebelah utara perempatan.

Sebelum bus hangus terbakar, sopir dan awak bus telah meminta penumpang turun dan membawa keluar semua barang bawaannya. Beberapa menit setelah penumpang turun, api mulai muncul di bagian belakang (mesin), semakin membesar dan membakar seluruh bagian kabin bus.

Diduga penyebab kebakaran dikarenakan hubungan pendek arus listrik pada AC bus yang terpasang di ruang mesin. Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait terbakarnya bus PO Haryanto ini.

Sementara, dalam kejadian tersebut, dua unit mobil pemadam kebakaran didatangkan untuk memadamkan api.

“Kami dapat informasi sekitar pukul 06.10 WIB. Saat itu juga kami langsung ke lokasi kejadian, langsung melakukan pemadaman,” kata Koordinator Pemadam Kebakaran Sleman, Iwan.

Meski bus hangus terbakar, semua penumpang dan barang bawaan berhasil diselamatkan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.