Kemacetan belasan kilometer terjadi di Jalan Raya Lintas Timur (Jalintim) Sumatera ruas Betung-Palembang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Diketahui, kemacetan yang dialami ratusan kendaraan itu terjadi sejak memasuki musim mudik lebaran 2024.

Akibatnya, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor) Polres Banyuasin, melaksanakan rekayasa buka tutup arus lalu lintas sebagai respons terhadap kemacetan lalu lintas yang parah.

Polisi juga memberhentikan sementara kendaraan dari arah Sekayu, dengan memprioritaskan arus dari arah Palembang tujuan arah Jambi maupun arah sebaliknya.

“Tidak bosan kami imbau kepada pengguna jalan yang akan melintas di Jalintim Palembang – Jambi seputaran Kecamatan Betung untuk tetap bersabar dan antri pada lajur masing-masing agar tidak menimbulkan kepadatan arus lalu lintas yang lebih mengular,” dikutip dari Instagram @satlantasbanyuasin.

Dengan kondisi kemacetan ini, para pengendara yang ingin menggunakan jalur tersebut disarankan untuk memilih jalur alternatif lain. Selain itu kesadaran disiplin para pengemudi juga diperlukan guna tidak memperparah kondisi kemacetan dengan cara mengantre.